ALIRAN ENERGI DALAM EKOSISTEM

Energi utama dalam ekosistem berasal dari matahari. Energi mengalir dari satu komponen ekosistem ke kompoen lainnya. Aliran enerdi tersebut dapat dibedakan menjadi :

Rantai Makanan, adalah peristiwa makan dan dimakan dalam ekosistem. Alur rantai makanan mengikuti tingkat trofik, yaitu :
Gambar Rantai Makanan 

Rantai makanan yang terjadi di darat, dimana rumput mendapatkan energi dari cahaya matahari. Rumput berperan sebagai produsen, belalang sebagai konsumen primer, katak sebagai konsumen sekunder, ular sebagai konsumen tersier, dan Elang sebagai konsumen akhir. Pada rantai makanan diakhiri oleh dekomposer yang diwakili oleh fungi dan berbagai bakteri pengurai.

Jaring-jaring makanan, adalah rantai rantai makanan yang saling tumpang tindih di dalam ekosistem.
Jaring-jaring Makanan di Gurun

Perhatikan gambar jaring-jaring makanan diatas, pola keterkaitan antar individu lebih kompleks daripada rantai makanan. Dimana satu individu bisa menjadi sumber energi bersama. Pada jaring-jaring makanan tidak ditemukan peran cahaya matahari sebagai sumber energi utama.


Piramida Ekologi, adalah susunan keseluruhan tingkat trofik dalam ekosistem. Piramida ekologi dibedakan menjadi piramida energi (produktivitas), piramida biomassa, dan piramida jumlah. Dari ketiganya piramida yang paling akurat pengukurannya adalah piramida energi. Dalam ekosistem yang seimbang atau stabil, semakin tinggi tingkat trofik, akan semakin kecil ukurannya (mengerucut). Perhatikan gambar di bawah ini
Piramida Energi
sumber : pngwing.com

Tidak ada komentar untuk "ALIRAN ENERGI DALAM EKOSISTEM"

Follow Web via Email