DAUR BIOGEOKIMIA - SIKLUS NITROGEN

Skema Siklus Nitrogen

Sekitar 79% dari komposisi udara terdiri atas gas nitrogen yang merupakan unsur penting untuk penyusunan protein dan asam amino. Tidak semua organisme dapat memanfaatkan nitrogen di udara secara langsung. Agar dapat digunakan oleh organisme nitrogen harus melalui beberapa tahapan sebagai berikut :

Fiksasi dan amonifikasi
Fiksasi atau pengikatan gas nitrogen dari udara dilakukan oleh bakteri Rhizobium leguminosarum, Azotobacter chroococcum, dan Clostridium pasteurianum yang bersimbiosis dengan tumbuhan kacang-kacangan. Fiksasi nitrogen juga dapat dilakukan oleh Alga biru atau Cyanophyta (Gloeocapsa, Anabaena, dan Nostoc). Gas hidrogen yang diikat kemudian diubah menjadi amonia. Proses pengubahan nitrogen menjadi amonia disebut amonifikasi

Nitrifikasi
Nitrifikasi adalah proses pengubahan amonia menjadi ion nitrit oleh bakteri Nitrosomonas dan Nitrosococcus, diikuti proses pengubahan ion nitrit menjadi ion nitrat oleh Nitrobacter dan Bactoderma. Ion nitrat inilah yang dapat diserap oleh tumbuhan untuk pembentukan asam amino dan protein.

Denitrifikasi
denitrifikasi adalah proses pemecahan nitrat menjadi gas nitrogen kembali oleh bakteri Thiobacillus denitrificans dan Paracoccus denitrificans.

Tidak ada komentar untuk "DAUR BIOGEOKIMIA - SIKLUS NITROGEN"

Follow Web via Email