Struktur Sel dalam Visualisasi

Sel Darah Putih, Limfosit - Eusinofil. 

Pahami betul apa itu pengertian Sel. Bukan hanya sekedar unit terkecil dari makhluk hidup, tetapi sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang fungsional dan dapat hidup sebagai penyusun makhluk hidup. Mengapa demikian? karena kenyataannya di dalam sel terdapat organel sel penyusun yang tidak sedikit seperti nukleus, mitokondria dll. Untuk lebih jelasnya, simak video ulasan tentang struktur Sel berikut :


Link Video Struktur Sel 3D


Link Video Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Dari kedua video diatas dapat diambil kesimpulan kalau sel memang penting untuk dipelajari, sel merupakan cikal bakal dari berbagai proses yang terjadi pada makhluk hidup, dari pembentukan energi, sintesis protein, penyusun jaringan, dan masih banyak lagi. Sel pada dasarnya memiliki ciri khusus yang sangat unik apabila dilihat dari fungsinya, misalnya kumpulan dari sel darah putih, sel darah merah, keping darah, dan plasma darah akan membentuk jaringan darah. Itu baru sel darah belum jaringan yang lain seperti jaringan saraf, jaringan otot, jaringan ikat padat dan longgar, serta jaringan epitel. Pembentuk jaringan sendiri adalah kumpulan sel dengan fungsi sama dan sinergis dalam bekerja (saling melengkapi). Ada yang bentuk selnya sama dan ada yang berbeda.

Bagaimana dengan tumbuhan ?
Tumbuhan juga sama, memiliki kumpulan sel dengan fungsi sama kemudian membentuk jaringan. Contohnya adalah jaringan meristem, jaringan kolenkim, jaringan sklerenkim, dan jaringan pengangkut yang terdiri dari Xylem dan Floem.  

    2 komentar untuk "Struktur Sel dalam Visualisasi"

    Unknown mengatakan…
    Assalamualaikum
    Saya Mawar Althof Hanifah kelas XI MIPA 6 absen 17 mau tanya tentang sel pak. kenapa sel disebut unit structural? Terimakasih pak
    Budi Laksono mengatakan…
    wlkmsalam, ya karena satu sel memiliki banyak organel dengan fungsi berbeda

    Follow Web via Email